Translate

Motivator


Salam Super
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

Henry James
Anda takkan tahu apa yang tak dapat Anda lakukan, sampai Anda mencobanya

Jumat, 29 Juli 2016

MemPasword Cell Tertentu pada Ms.Excel


Untuk kebutuhan input data yang berbentuk form pada ms.excell dan file tsb digunakan oleh user pengguna lain adakalanya sebagian cell harus kita kunci, hal ini dilakukan agar user pengguna lain hanya mengisi dan melakukan edit pada cell tertentu saja, sementara bagian cell lain yang berisi rumus excel harus kita lock! Karna kalian semua gak mau kan sudah buat rumus di ms.excel dan setting kolom sesuai kebutuhan di utak-atik lagi oleh user pengguna lain? Untuk melakukannya juga tidak sulit, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Cara mengunci atau mem-Password Cell tertentu pd Ms.Excel :

1. Untuk langkah pertama, hilangkan efek Lock Cell pada semua cell, caranya cukup block semua cell pada Excel tersebut (Ctrl+A), kemudian pada tab Home, pilih Format > Lock Cell.

2. Selanjutnya, block cell yang ingin Anda kunci, kemudian pilih kembali Format > Lock Cell.

3. Lalu pilih kembali Format > Protect Sheet.

4. Berikan centang pada opsi Select Unlocked Cells, jika sudah Anda dapat langsung meng-klik OK dan berikan Password terlebih dahulu pada kolom tsb.

5. Dan sekarang cell tsb tidak dapat di edit kembali, mudah bukan? untuk mengembalikannya cukup pilih kembali menu Format > Unprotect Sheet.
 

Berikut aplikasinya pada area kerja worksheet ms.excel pada tempat saya bekerja, berupa form data input mahasiswa


cell pada bagian tsb telah terprotect, kecuali pada bagian kanan pengguna user lain masih bisa input data atau edit data & untuk penggunaan barcode menggunakan fonts type IDAutomationHC39M

berikut setting kolom untuk keperluan cetak, dengan cara memanggil nomor pada data induk dan paste pada kolom tsb

Tidak ada komentar: